Kirab Pakta Integritas dan Tombak Kyai Plered dalam Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-417

Kirab Pataka Kabupaten Tegal 2018 2

Kirab Pataka Kabupaten Tegal 2018 1Sudah menjadi tradisi menjelang peringatan hari jadi kabupaten Tegal ada ritual penyerahan Pakta Integritas dan Tombak Kyai Plered. Beberapa hari sebelumnya, pataka akan dikembalikan oleh Pemkab Tegal ke keluarga Kalisoka dan keesokan harinya pataka dan pakta integritas akan di kirab dari Kalisoka, kec. Dukuhwaru melewati beberapa ruas jalan utama hingga menuju monumen GBN Procot. Lanjut sore harinya, akan dikiriab kembali ke Rumah Dinas Bupati.

Tepat pada hari jadi, tanggal 18 Mei, Pakta Integritas dan Pusaka Tombak Kyai Pleres kembali di bawa ke gedung Pemkab Tegal. Begitu seterusnya dengan upacara khusus serah terima.

Kirab Pataka Kabupaten Tegal 2018 3Adapun penyerahan Pakta Integritas dan Tombak Kyai Plered diharapkan menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi. Tombak Kyai Plered sendiri merupakan salah satu pusaka yang dimiliki oleh keluarga Kalisoka yang selalu ditutup dengan kain putih.

Tidak hanya itu saja, setiap peserta dari masing-masing perwakilan dari kecamatan se-Kabupaten Tegal ikut serta memeriahkan dengen membawa gunungan hasil bumi yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat sekitar.

Foto: Humas Pemkab Tegal

589 total views, 13 views today

Related posts