The Mantis, Produsen Gitar Asal Tegal

Gitar The Mantis Tegal

Suka genjrang-genjreng main gitar tapi masih suka beli gitar di luar kota? Kalau iya, nih coba lihat produksi gitar The Mantis yang ada di desa Pesalakan Adiwerna. Sudah lebih dari 15 tahun The Mantis memproduksi gitar dan produksinya sudah di kirim ke kota-kota besar seperti Pekalongan, Bandung, hingga ke Medan. Awalnya, The Mantis memproduksi gitar di desa Kendal Serut Pangkah, namun sekarang pindah ke Jl. Mbah Beji No. 27 RT/ RW: 33/02 Pesalakan, Adiwerna, Kab. Tegal sekitar 5 tahun yang lalu.

Proses pembuatan body gitar
Proses pembuatan body gitar

The Mantis menerima pesanan custom dan servis berbagai macam gitar seperti akustik, elektronik, bass, biola maupun ukulele dari harga Rp. 450.000 – Rp. 3.000.000 tergantung bentuk pesanan yang di inginkan. “Biasanya kami memproduksi mulai dari jam 8 pagi – 5 sore dan bisa memprofuksi 6 buah gitar akustik dalam waktu seminggu”, ungkap Agus Riyanto selaku pemilik usaha.

Proses pembuatan perbagian gitar
Proses pembuatan perbagian gitar

Dalam pembuatannya The Mantis menggunakan kayu mahoni atau keling kemudian dibentuk sesuai motif yang di inginkan pemesan, lalu setelah motif terbentuk dilakukan pengeleman body dan dipres. Kemudian proses dilanjutkan membentuk stang gitar dan papan fret untuk dipasangkan dan dilemkan ke body gitar. Lalu body gitar keseluruhannya diamplas dan diberi lis setiap sudut gitar, barulah gitar tersebut masuk dalam proses pengecatan.

Seru kan? Yuk kapan-kapan coba buat sendiri gitar sesuai yang kita inginkan.

1,669 total views, 1 views today

Related posts