Sedapnya Nasi Ponggol Berbungkus Daun Jati

Kuliner Ponggol Daun Jati Balapulang Tegal
Kuliner Ponggol Daun Jati Balapulang Tegal
Suasana warung makan setiap harinya ramai dipadati langganannya

Bagi penikmat ponggol, belum lengkap rasanya jika belum merasakan nikmatnya ponggol berbungkus daun (godhong) jati. Biasanya selama ini menggunakan daun pisang kan, yang lebih ekonomis lagi pakai kertas minyak. Nah,yang ini spesial banget pakai daun jati. Pasti rasanya lebih gurih dengan aroma daun jati yang terkena nasi panas.

Adalah Warung Makan Sederhana milik bapak Slamet Bawon di Balapulang yang menyediakan menu spesial ini. Lokasinya di jalan alternatir Balapulang Jatibarang. Jadi yang biasa motong jalan ke arah Brebes pasti sering lewat daerah ini.

Kuliner Ponggol Daun Jati Balapulang Tegal
Warung Makan Sederhana, namun rasa ponggolnya “tidak sederhana”

Sesuai dengan namanya, warung makan ini sederhana. Menyediakan menu nasi dan aneka gorengan. Harganya dibandrol 4k/ ponggol dengan lauk sambel goreng pedas. Harga 5k untuk ponggol + gorengan. Buka setiap hari (kecuali Jum’at kliwon) dari jam 03:30 – 13:00 atau sampai habis.

Daun jati yang digunakan adalah daun jati yang masih muda, jika menggunakan yang sudah tua, niscaya warna nasi menjadi merah. Ingat ponggol ini jadi ingat hajatan pernikahan yang dulu masih berbungkus daun jati.

Masalah rasa jangan ditanya lagi, kata orang Tegal “Sedep epor, sung!”. Apalagi kalau masih hangat. Wajib dicoba kalau lewat Balapulang. Sudah terkenal sampai ke mana-mana.

2,946 total views, 1 views today

Related posts