Undar, Sebuah Dokumenter Fiksi Tentang Situs Semedo

Semalam (27/3) di Trasa Slawi, dalam rangkaian acara Musrenbang 2019 Kabupaten Tegal, ditayangkan juga film Undar (sebuah film pendek dari Wicaksono Wisnu Legowo) dokumenter fiksi tentang Situs Purbakala Semedo berdurasi 22 menit. Dalam film tersebut dibintang juga oleh (alm) Slamet Ambari.

Film Undar - Tegal
Pemutaran film Undar di Trasa

Film ini bercerita tentang perjuangan kakek yang membahagiakan cucunya yang ingin menaiki bianglala, karena tidak mempunyai uang sepeserpun. Lalu kemudian beliau melihat temannya yang berhasil menemukan fosil lalu akan dibuatkan sebuah museum. Hal itu membuat kakek tersebut ingin mencari fosil dan namun bukannya disimpan ke museum, namun dijual ke rekannya sesama pengumpul fosil dengan harapan akan dibeli. Namun ternyata rekannya juga sama-sama tidak memiliki uang.

Si cucu mengetahui harga fosil tersebut bernilai jutaan, maka dijuallah ke tukang penjual karcis undar tersebut. Namun ditengah jalan malah akan dirampok preman. Pokoknya kisahnya seru. Namun film ini kabarnya belum dinaikkan di bioskop, hanya akan diputar saat ada acara tertentu saja.

Pemeran di film ini antara lain Handi Triyanto (Aji), Kuat (Slamet Ambari), Dakri (Apas Khafasy), Penjaga Loket (Gayuh Setiani Putri). Ada pula Bupati Tegal (Ibu Umi Azizah), bapak Widodo Joko Mulyono, ibu Retno Suprobowati, bapak Agus Joko Wiyono, ibu Tety Yuliani, Kepala Desa Semedo, dan masih banyak lagi.

Film Undar - Tegal
Kru, pemain, dan pendukung film Undar berfoto bersama

Dalam sambutannya ibu Umi mengatakan “Secara spesial akan melaunching pertama kali film Undar menampilkan karya putra putri panjenengan dengan kearifan lokalnya mampu mengantarkan Tegal mendunia. Generasi muda yang hebat bukanlah anak anak muda yang banyak gaya sering ugal-ugalan, akan tetapi generasi muda yang banyak karya.

Bagaimana, menarik bukan? Pastinya penasaran banget ya ingin nonton film ini. Makanya, ikuti terus media sosial infotegal.

125 total views, 1 views today

Related posts

Leave a Comment