Pedasnya Olos Jatirawa Bikin Nagih

Olos Jatirawa

Siapa yang tak kenal olos? Penganan berbahan dasar dari adonan tepung tapioka/ aci yang diberi isian oseng sayuran kubis dan potongan cabe rawit lalu dibuat bulat-bulat. Cabe rawit? Pedas dong? Pastinya, karena pada pertama kali diperkenalkan, olos memang kuliner Tegal yang rasanya pedas yang bikin nagih.

Pionir olos ini berasal dari Desa Jatirawa, Kecamatan Tarub. Salah satunya adalah yang ada di Jl. Banjaran – Balamoa (samping SD Jatirawa 2). Penjualnya menggunakan gerobak biru menghadap selatan.

Olos Jatirawa
Salah satu pionir olos Jatirawa

Walaupun sudah banyak yang berjualan olos, namun rasa dan tekstur olos asli Jatirawa ini sulit disaingi dan sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Dengan harga Rp.10.000 kita bisa mendapatkan 18 biji olos asli Jatirawa ini.

Rasa pedas langsung menyeruak saat gigitan pertama, apalagi jumlah cabainya “surprise”. Jadi siap-siap minuman ya bagi yang tidak begitu kuat dengan pedasnya. Apalagi kalau ada kubis yang “keluar-keluar” dari bulatan olos, lalu ada minyak yang masuk ke dalam bulatan olos, sensasinya tambah mancap.

Olos Jatirawa Tegal
Olos yang siap digoreng

Siapa yang tertarik mencoba kuliner Tegal yang satu ini?

 108 total views,  1 views today

Related posts

Leave a Comment