Khairudin, Sang Profesor Dari Balapulang

Moh. Khairudin Guru Besar UNY Asal Tegal

Moh. Khairudin, mungkin namanya cukup asing di telinga kita. Siapakah beliau? Namun bagi sebagian warga Balapulang Wetan ataupun mahasiswa jurusan teknik di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagian kenal dengan beliau. Ya, baru-baru ini, laki-laki kelahiran Kabupaten Tegal tahun 1979 ini, dikukuhkan menjadi guru besar di UNY. Gelar lengkapnya adalah Prof. Ir. Moh. Khairudin, M.T., Ph.D.

Ada yang menceritakan kisah beliau dalam sebuah laman Facebook yang ditulis oleh Falasifah Ani Yuniarti. Dulu, Udin, begitu panggilannya, di tahun 1998 kuliah di UNY dengan mengambil jurusan elektro. Kehidupannya yang tidak berkecukupan membuatnya harus hidup prihatin. Beliau tinggal di Masjid Al-Amin, menjadi marbot dan berjualan tempe yang diantar ke pelanggan menggunakan sepeda butut. Tak jarang juga mengajar anak-anak mengaji di TPA.

Udin lulus dengan cumlaude dan meneruskan S2-nya di ITS. Dan kini di usia 41 tahun beliau mendapat gelar profesor di usia yang tergolong muda. Keahliannya di dunia robotik juga sudah tidak diragukan lagi dengan banyaknya penelitian dibidang mekatronika.

Video Pengukuhan Prof. Ir. Moh. Khairudin, M.T., Ph.D.

Semoga kisah hidup dan perjuangan beliau bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

 105 total views,  1 views today

Related posts

Leave a Comment