Tips Memilih Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji

Biasanya, slip gaji atau bukti penerimaan penghasilan jadi salah satu syarat wajib saat pengajuan pinjaman online. Ini karena slip gaji dapat menjadi tolak ukur kelayakan penerima pinjaman, sekaligus bukti bahwa calon peminjam memiliki penghasilan tetap dan akan bisa melunasi pinjaman.

Sayangnya, tidak semua pekerja menerima slip gaji. Akhirnya, saat terjadi situasi darurat dan butuh dana mendesak, pinjaman online yang mewajibkan slip gaji pun tak bisa dipilih. Namun, sekarang penyedia layanan pinjaman tak hanya makin beragam, bahkan banyak yang menawarkan pinjaman online tanpa slip gaji. untuk itu simak tips memilih pinjaman online berikut.

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Foto: Cekaja.com

OJK menyatakan Fintech yang telah terdaftar di OJK otomatis akan diawasi lebih ketat, dan mengikuti protokol OJK sehingga akan menjamin keamanan data Anda. Seperti, aturan cara penagihan, ketentuan besaran suku bunga pinjaman, denda dan lainnya akan sesuai dengan yang telah ditentukan OJK. Daftar pinjaman online yang telah terdaftar di OJK bisa diakses melalui web www.ojk.go.id.

2. Memiliki Layanan Pelanggan dan Mudah Dihubungi

Di dalam peraturan OJK, menyebutkan bahwa penyelenggara kredit online wajib menyediakan layanan untuk menyelesaikan komplain nasabah. Artinya jika pinjaman online tidak menyediakan layanan pelanggan, maka wajib diragukan. Jangan sampai Anda meminjam di pinjaman online ilegal.

3.  Pahami Persyaratan yang Diminta

Foto: Br.freepik.com

Sebelum meminjam uang pastikan dulu sudah membaca dan memahami persyaratan yang diminta oleh pinjaman online tersebut. Pada umumnya pinjaman online akan mengajukan syarat KTP, KK, NPWP, Slip Gaji dan buku tabungan. Jika aplikasi pinjaman online yang akan dipilih ternyata meminta dokumen sangat penting, lebih baik menggunakan fintech lain. Hal ini karena dokumen-dokumen penting seperti sertifikat tanah, surat kepemilikan kendaraan dan lain sebagainya adalah dokumen penting yang tidak seharusnya diminta oleh pihak pemberi pinjaman online.

4. Transparan dan Terbuka

Aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK tentu akan memiliki sistematis pinjaman yang transparan dan terbuka. Sebagai contoh, ada beberapa aplikasi pinjol yang menyediakan kalkulator installment. Melalui kalkulator ini, Anda akan mengetahui secara langsung total biaya, bunga, tenor, dan sebagainya di pinjaman online tersebut.

5. Mudah Cek Status Uang yang Dipinjam

Gambar Economia.uol.com.br

Sebagai pihak yang meminjam, bisa melakukan cek dengan mudah terhadap uang pinjaman yang diajukan akan sangat membantu.  Seperti fitur status total pinjaman, bunga dari pinjaman, jatuh temponya kapan dan sebagainya. Fitur ini sangat penting agar Anda tidak tertipu, dan mampu mengelola waktu pembayaran dan bunga sesuai kemampuan.

6. Tanpa Slip Gaji

Karena Anda membutuhkan pinjaman online tanpa slip, maka Anda harus mencari pinjaman online yang tidak mensyarat slip gaji. Walaupun rata-rata pinjaman online mensyaratkan slip gaji, tapi ada juga pinjaman online yang tidak mensyaratkannya. Salah satunya pinjaman online Tunaiku.

Tunaiku menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan persyaratan yang mudah dan proses yang cepat. Salah satunya, Anda tidak diwajibkan memiliki kartu kredit. Selain itu, Tunaiku juga menawarkan pinjaman online tanpa slip gaji mulai dari 2 juta hingga 20 juta, dengan lama angsuran sampai 20 bulan.

Proses pengajuan pun bisa dilakukan secara online, melalui situs resmi dan aplikasi Tunaiku. Anda juga bisa melunasi pinjaman lebih cepat tanpa terkena bunga atau denda tambahan. Anda juga tidak perlu khawatir akan kredibilitas dari Tunaiku, karena aplikasi ini telah terdaftar secara resmi di OJK. Jadi tunggu apalagi? Yuk pakai Tunaiku sekarang juga!

 23 total views,  1 views today

Related posts

Leave a Comment