Proses Perpindahan Ibukota Kabupaten Tegal

Pindahan Kabupaten Tegal

Sudah tau kan jika dulu pusat pemerintahan Kabupaten Tegal berada di Balaikota Tegal sekarang? Nah Pemerintah Kabupaten Tegal melaksanakan boyongan kantor sekretariat pemerintah daerah dari Kota Tegal ke Slawi, Kab. Tegal pada 19 Desember 1985. Boyongan tersebut merupakan suatu peristiwa pemindahan kantor pusat pemerintahan Kabupaten Tegal dari Balaikota Tegal menuju kompleks Markas Komando Brigif 4 Dewa Ratna Slawi/ kompleks Pemkab Tegal di Kota Slawi sekarang.

Hal ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomo 2 tahun 1984 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Daerah Tingkat II Tegal dari Wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Tegal ke Kota Slawi di wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Tegal.

Pindahan Kabupaten Tegal
Warga bergotong-royong ikut membantu merapihkan kompleks pemda yang baru.

Sementara berkantor di Markas Komando Brigif, pegawai dan warga masyarakat bergotong-royong dalam membangun kantor Pemkab. Tegal yang sekarang ditempati.

Setelah melakukan berbagai persiapan, Pemerintah Kabupaten Tegal pada tanggal 24 Januari 1989 melakukan pemindahan pusat pemerintahan dari Ex. Markas Komando Brigif 4 Dewa Ratna menuju perkantoran pusat pemerintahan Kabupaten Tegal. Tanggal 24 Januari 1989 diresmikan penggunaan kantor pusat pemerintahan Kabupaten Tegal di Kota Slawi dan diresmikan pula Kota Slawi sebagai ibukota Kabupaten Tegal.

Prosesi peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan tunggul kabupaten Tegal oleh Sekwilda, Drs. W. Soepriyadi kepada Mendagri, Rudini, yang kemudian diberikan kepada Bupati Tegal, Drs. Wiennahto.

Pindahan Kabupaten Tegal
Peresmian kantor dan peresmian Slawi sebagai ibu Kota Kabupaten Tegal

Peraturan Pemerintah mengenai pemindahan wilayah, bisa diunduh di sini.

Foto: Adam Nur Adnin, Perpindahan Ibukota Kabupaten Tegal Tahun 1984-1989: dari Tegal ke Slawi – UNY.

 28 total views,  1 views today

Related posts

Leave a Comment