Buku Ki Gede Sebayu: Babad Negari Tegal

Buku Babad Negari TegalTak kenal maka tak sayang, mungkin ungkapan itu sangat pas untuk generasi muda Tegal sekarang ini yang mungkin sudah lupa atau bahkan hampir tidak tahu dengan sejarah daerahnya sendiri, terutama Tegal. Banyak artikel-artikel yang beredar di internet namun tidak diketahui sumber pastinya. Salah satu buku yang wajib dibaca adalah buku karya Ahmad Hamam Rochani, sorang kelahiran kendal yang aktif menulis buku mengenai sejarah, sakah satu bukunya adalah Ki gede Sebayu: Babad Negari Tegal.

Buku setebal 320 halaman ini cocok dijadikan sumber referensi bagi yang ingin mengetahui sejarah Tegal. Buku ini dikemas secara sederhana dan dibagi menjadi beberapa bab sesuai dengan tokoh dan peristiwa penting yang ada di Tegal.  Tokoh dan peristiwa penting yang dibahas antara lain Raden Panggung (Mbah Panggung), Ki Gede Sebayu, Raden Mas Hanggawana, Tumenggung Tegal atau Pangeran Purbaya, Adipati Martalaya, Raden Harya Sindureja (Gendowor), dan tokoh-tokoh lain seperti Amangkurat I, Amangkurat II, keturunan wangsa Reksanegara, dan masih banyak lagi.

Untuk peristiwa penting yang dibahas antara lain proses Ki Gede Sebayu hijrah ke Tegal, Bendungan Danawarih, Kalisoka, fungsi penting Tegal sebagai Gerbang Mataram, Brandal Mas Cilik, dan lain sebagainya.

Buku yang diterbitkan oleh Intermedia Paramadina bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tegal ini juga dilengkapi beberapa foto bersejarah.

Meskipun menarik, ada beberapa kekurangan dalam buku ini antara lain tidak konsistennya penyebutan nama tokoh dalam suatu cerita. Sehingga menimbulkan kebingungan dalam meahai suatu cerita. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, karena isi dari buku ini dikemas secara menarik. banyak hal-hal yang tidak terduga yang membuat kita berdecak kagum mengenai Tegal pada masa lalu.

Buku ini bisa didapatkan di Bappeda Kabupaten Tegal atau bisa dipinjam di Perpusda Kabupaten Tegal.

5,114 total views, 2 views today

  • Adam Nur Adnin

    kalo untuk beli buku ini dimana ? saya perlu untuk keperluan skripsi. jadi butuh untuk refrensi

    • Bukunya adai Perpusda Kabupaten Tegal yang ada di Procot

      • Adam Nur Adnin

        kalo mau di beli di mana yah ?

  • Pingback: Buku: Menyusuri Jejak-jejak Tegal | Info Tegal()