Oleh-oleh Khas Tegal

Bingung ketika ingin mencari oleh-oleh khas Tegal? Yuk silahkan lihat daftar oleh-oleh berikut:

1. Poci Tanah Liat

Poci tanah liat merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari. Selain bentuknya khas, poci ini juga berguna ketika kita ingin menikmati teh ala Tegal.

Poci tanah liat ini, bisa terdiri dari poci itu sendiri atau satu set beserta cangir dan nampanya. Yang kesemuannya dibuat dari tanah liat.

Poci ini banyak dijumpai di supermarket-supermarket di wilayah Slawi – Tegal. Terutama di MC (Mutiara Cahaya) Slawi.

Selain itu, banyak juga yang mencari poci bekas pakai. Kenapa? karena poci tersebut biasanya lebih nikmat karena ada kerak teh yang membuat rasa teh menjadi lebih mantap.

2. Kerupuk Antor

Ingin mencoba sensasi Kerupuk yang dibuat menggunaan pasir dalam pengolahannya? Coba saja Kerupuk Antor.

Rasa kerupuk antor itu kebanyakn adalah rasa bawang. Menurut penduduk sekitar, kerupuk antor yang nikmat itu kerupuk antor “badeg”. Maksudnya adalah kerupuk antor yang warnanya pekat karena bumbunya.

Kerupuk ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Banjaran, Pasar Trayeman, dan lain-lain.

Detail tentang kerupuk antor bisa dibaca di sini.

 

3. Kacang Bogares

Kacang bogares juga tak kalah pamor diantara sederet oleh-oleh khas Tegal. Kacang Bogares bisa ditemukan di daerah Bogares, Kecamatan Pangkah. Rata-rata penduduk sekitar memang kebanyakan membuat dan menjual kacang tersebut.

Kacang Bogares hampir sama dengan kacang pada umumnya. Namun dengan tambahan bumbu dan teknik yang khas, membuat kacang ini mempunyai cita rasa yang khas.

Kacang ini juga bisa ditemukan di warung-warung atau pasar tradisional terdekat.

 

4. Latopia/ Latopnya

Latopia atau laktopia atau latopnya, salah satu kuliner khas Tegal. Bakpia khas Tegal ini tampilannya hampir sama dengan bakpia dari kota lain, dari Jogja umpamanya. Namun yang membedakannya adalah pianya lebih padat, lebih renyah,  dan lebih gurih. Untuk ukurannya pun lebih besar.

Untuk masalah isinya, hampir sama dengan pia yang lain. Seperti isi kacang hijau, keju, buah, durian, bawang, gula aren, dan lain-lain. Namun latopia Tegal isi kacang hijau lebih banyak dicari.

Kulitnya, dibuat menggunakan adonan tepung terigu dengan tambahan beberapa bahan lainnya.

5. Pilus

Makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan bumbu tambahan lainnya, membuat jajanan yang satu ini sangat nikmat. Terlebih lagi dicampur dengan kuah bakso yang hangat. hmm, yummy…

Yang membedakan pilus Tegal dengan yang lainnya adalah dari warna dan rasanya. Warnanya putih agak kecoklatan.

Pilus khas Tegal ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau warung-warung terdekat.

 

 

6. Kaos GalGil

galgilTidak melulu jajanan saja yang menjadi oleh-oleh khas Tegal. Tegal juga punya kaos tersendiri. Namanya Kaos Galgil.

Kaos Galgil ini bisa ditemukan di Jl. Raya Lemah Duwur No. 29 Adiwerna (Samping Gerbang Amangkurat, 30 m dari Brug Abang ke selatan), Kabupaten Tegal atau bisa tanya-tanya langsung ke Zaky (0856 4255 6677).

Kaos ini banyak bertuliskan mengenai jargon-jargon khas Tegal. Ada pula yang berisi mengenai nasihat, plesetan logo terkenal, dan lain-lain. Yang tentu saja dihiasi dengan bahasa Tegal yang kental.

 

 

 

 

Sebenarnya masih banyak oleh-oleh lain khas Tegal, namun oleh-oleh di atas tersebut paling banyak dicari. Atau mungkin ada ide lain?  :)

 

SUmber:

Jajanan Tegal

 

 

2,671 total views, 14 views today

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *