Oleh-oleh Khas Tegal

Bingung ketika ingin mencari oleh-oleh khas Tegal? Yuk silahkan lihat daftar oleh-oleh berikut:

1. Poci Tanah Liat

Poci tanah liat merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari. Selain bentuknya khas, poci ini juga berguna ketika kita ingin menikmati teh ala Tegal.

Poci tanah liat ini, bisa terdiri dari poci itu sendiri atau satu set beserta cangir dan nampanya. Yang kesemuannya dibuat dari tanah liat.

Poci ini banyak dijumpai di supermarket-supermarket di wilayah Slawi – Tegal. Terutama di MC (Mutiara Cahaya) Slawi.

Selain itu, banyak juga yang mencari poci bekas pakai. Kenapa? karena poci tersebut biasanya lebih nikmat karena ada kerak teh yang membuat rasa teh menjadi lebih mantap.

2. Kerupuk Antor

Ingin mencoba sensasi Kerupuk yang dibuat menggunaan pasir dalam pengolahannya? Coba saja Kerupuk Antor.

Rasa kerupuk antor itu kebanyakn adalah rasa bawang. Menurut penduduk sekitar, kerupuk antor yang nikmat itu kerupuk antor “badeg”. Maksudnya adalah kerupuk antor yang warnanya pekat karena bumbunya.

Kerupuk ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Banjaran, Pasar Trayeman, dan lain-lain.

Detail tentang kerupuk antor bisa dibaca di sini.

 

3. Kacang Bogares

Kacang bogares juga tak kalah pamor diantara sederet oleh-oleh khas Tegal. Kacang Bogares bisa ditemukan di daerah Bogares, Kecamatan Pangkah. Rata-rata penduduk sekitar memang kebanyakan membuat dan menjual kacang tersebut.

Kacang Bogares hampir sama dengan kacang pada umumnya. Namun dengan tambahan bumbu dan teknik yang khas, membuat kacang ini mempunyai cita rasa yang khas.

Kacang ini juga bisa ditemukan di warung-warung atau pasar tradisional terdekat.

 

4. Latopia/ Latopnya

Latopia atau laktopia atau latopnya, salah satu kuliner khas Tegal. Bakpia khas Tegal ini tampilannya hampir sama dengan bakpia dari kota lain, dari Jogja umpamanya. Namun yang membedakannya adalah pianya lebih padat, lebih renyah,  dan lebih gurih. Untuk ukurannya pun lebih besar.

Untuk masalah isinya, hampir sama dengan pia yang lain. Seperti isi kacang hijau, keju, buah, durian, bawang, gula aren, dan lain-lain. Namun latopia Tegal isi kacang hijau lebih banyak dicari.

Kulitnya, dibuat menggunakan adonan tepung terigu dengan tambahan beberapa bahan lainnya.

5. Pilus

Makanan yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan bumbu tambahan lainnya, membuat jajanan yang satu ini sangat nikmat. Terlebih lagi dicampur dengan kuah bakso yang hangat. hmm, yummy…

Yang membedakan pilus Tegal dengan yang lainnya adalah dari warna dan rasanya. Warnanya putih agak kecoklatan.

Pilus khas Tegal ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau warung-warung terdekat.

 

 

6. Kaos GalGil

galgilTidak melulu jajanan saja yang menjadi oleh-oleh khas Tegal. Tegal juga punya kaos tersendiri. Namanya Kaos Galgil.

Kaos Galgil ini bisa ditemukan di Jl. Raya Lemah Duwur No. 29 Adiwerna (Samping Gerbang Amangkurat, 30 m dari Brug Abang ke selatan), Kabupaten Tegal atau bisa tanya-tanya langsung ke Zaky (0856 4255 6677).

Kaos ini banyak bertuliskan mengenai jargon-jargon khas Tegal. Ada pula yang berisi mengenai nasihat, plesetan logo terkenal, dan lain-lain. Yang tentu saja dihiasi dengan bahasa Tegal yang kental.

 

 

 

 

Sebenarnya masih banyak oleh-oleh lain khas Tegal, namun oleh-oleh di atas tersebut paling banyak dicari. Atau mungkin ada ide lain?  :)

 

SUmber:

Jajanan Tegal

 

 

4,866 total views, 2 views today

  • Sarwono

    olosss

  • nisa

    jajanan tegal uga di’post donk, khusunya khas talang pembuat kue-kue basah. depan kantor pos talang masuk gang. nha itu pusat kue basah khas tegal yang lezat dan bermutu

    • http://infotegal.com InfoTegal

      Kalau kue-kue basah mungkin kurang cocok, soalnya tidak tahan lama.

  • Colot_ID

    Gan sekedar nambahin sama sedikit masukkan, Tahu Aci, Ndog Asin, Teh Produksi Tegal dan Slawi sama Gula Batunya masuk juga kali sbg katagori oleh-oleh khas Tegal. Sayanganya Pemda Tegal blm buat area khusus sentra oleh-oleh Tegal sampai sekarang saya hunting dibeberapa tempat, setiap ada kesempatan pulang ke Tegal saya pastikan bawa oleh-oleh unt temans kantor dan saudara-saudara di Jkt, terimakasih.

    • http://infotegal.com InfoTegal

      Sudah ada mas, lokasinya di depan Terminal Slawi. bangunanya siap. Sudah ada beberapa yang menempati :)

  • http://kaostegal.com alim

    Saiki ana Kaos oleh-oleh khas tegal maning kiye…
    arane KaosTegal.Com | Kaos Laka-laka dari Tegal untuk Dunia.

    KaosTegal sengaja dibuat untuk mengobati rasa kangen bagi Pecinta Tegal, baik Ortega alias Orang Tegal Asli maupun orang-orang yang pernah ke Tegal walaupun cuma singgah yang tentunya KaosTegal bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kota / Kabupaten Tegal.

    Spesifikasi KaosTegal :
    Terbuat dari bahan 100% Katun Combed 20s
    Ukuran M, L, dan XL
    Disain Unik hasil karya Ortega alias Orang Tegal Asli
    Dicetak dengan metode DTG (Direct To Garment) yaitu pencetakan langsung ke kain dengan tinta khusus garmen, hasil print akan tercetak bagus, warna tidak rusak dan tidak mengelupas.

    Ayo…! Segera obati rasa kangen anda dengan KaosTegal : Kaos Laka-laka – dari Tegal untuk Dunia….

    Monggo, Belanja KaosTegal…
    hanya di http://htkaostegal.com