Social Media Sharing with @infotegal, @dolantegal, & @tegalculinary

Social Media Sharing di Tegal
Social Media Sharing di Tegal
Photo by @citralandtegal

Mungkin ini menjadi bukan pertama kalinya akun-akun media sosial seperti kami tampil di public di depan followernya. Namun ini menjadi pengalaman pertama kali ketika diminta menjadi nara sumber dalam rangkaian EL’CLAVE dalam Urban Culinary Festival yang diadakan di Citraland Tegal Sabtu kemarin (28/05). Ini menjadi sebuah kehormatan bagi kami untuk bertukar tips dalam menggunakan media sosial terutama strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah follower.

Sebenarnya pertanyaan utama adalah bagaimana cara mendapatkan follower yang efektif terutama untuk market di Tegal. Dari pengalaman kami, orang-orang Tegal cukup unik, seleranya juga cepat berubah terutama untuk kalangan remaja. Karena memang sebagian besar pengguna media sosial di Tegal adalah remaja dan dewasa. Karena @dolantegal dan @tegalculinary salah satu akun instagram nge-hits di Tegal, maka tipsnya lebih ke tips mendapatkan banyak follower di instagram.

Bagi @infotegal, untuk mendapatkan follower, caranya adalah harus jeli dan up to date. Hal-hal yang akan menjadi booming, diangkat ke dalam postingan. Tak perlu banyak-banyak hashtag atau spam di sana-sini. Gunakan saja hashtag #Tegal #infotegal #wisatategal dan #Kulinertegal saja sebenarnya sudah cukup. Kurangi juga jumlah #repost dari akun lain agar bisa menjadi akun yang lebih mandiri.

Lain halnya dengan @dolantegal yang digawangi oleh pria jebolan dari salah satu SMA terfavorit di Tegal. Akun yang baru dibentuk sekitar bulan Juni 2015 ini lebih banyak menitikberatkan kepada penggunaan hashtag sebanyak-banyaknya. Cara ini memang cukup efektif untuk meningkatkan follower. Karena @dolantegal merupakan akun yang digunakan untuk menginformasikan lokasi-lokasi recommended untuk jalan-jalan, maka tentu saja juga harus jeli dengan hahtag dan lokasi yang sedang nge-hits.

Sedangkan dara cantik pemilik akun @tegalculinary punya jurus berbeda, diawali dengan hobinya wisata kuliner dan keisengan untuk membuat akun media sosial tentang kuliner di Tegal, kini akun @tegalculinary menjadi salah satu akun paling favorit untuk rekomendasi kuliner-kuliner yang ada di Tegal. Jurus yang digunakan @tegalculinary adalah dengan mencari hashtag-hashtag favorit di Tegal, lalu melakukan like pada sebuah akun yang mengirimkan postingan tentang kuliner di Tegal. Biasanya hashga yang ia sasar adalah hashtag seperti #kulinerTegal #Tegal.

Acara sharing yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut rasanya mungkin kurang cukup bagi para peserta. Namun strategi yang digunakan akun-akun tersebut bisa coba ditiru, namun yang pasti, konsistensi dalam memperbanyak konten karena lambat laun, follower akan datang tanpa kita undang. Bagimana, tertarik untuk mencoba?

2,552 total views, 20 views today

Related posts

  • h a d i ハディ

    Wah mantep,semga tegal lebih dikenal bukan karna ngapaknya tok,tp tempat wisata,kulinernya yg gak kalah enak dan recommended dan tentu warganya yg ramah juga bisa ikut merawat dan membangun tegal 😀
    #ndoro_lanang