Pesona Wisata Kawasan Bukit Sitanjung Lebaksiu

bukit sitanjungBukit Sitanjung, salah satu obyek wisata alam yang ada di Desa Lebaksiu Lor, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Deretan bukit yang menjulang ditambah dengan bentangan Sungai Gung yang lebar. Ditambah lagi jembatan yang memiliki nilai historis tersendiri. Di Bukit Sitanjung sendiri apabila kita mendaki ke atas, kita bisa melihat pemandangan yang indah dari atas bukit. Di tenggara, terlihat Gunung Slamet.

Selain pemandangan kita juga bisa bercengkrama dengan penduduk sekitar yang biasanya bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, atau penambang sirtu (pasir dan batu).

Sungai Gung

Untuk Sungai Gung sendiri memilik daya pikat tersendiri. Apabila arus tidak deras, kita bisa bermain-main air atau sekedar duduk-duduk di bebatuan yang besar-besar. Tetapi tetap harus waspada karena terkadang ada bebatuab yang licin atau sungai yang dalam.

Di sore hari kita bisa menemukan beberapa penduduk sekitar yang sedang asik memancing. Ya, ternyata di Sungai Gung masih terdapat beberapa ikan hidup. Namun tentu saja kita harus sabar menunggu untuk mendapatkan ikan.

Jembatan Sunglon

jembatan sunglon lebaksiuDi atas Sungai Gung, ada sebuah jembatan. Biasanya penduduk sekitar menyebutnya Jembatan Sunglon. Jembatan ini panjangnya kurang lebih 200meter. Jembatan ini dibangun pada jaman penjajahan Belanda. Jadi sudah cukup tua. namun bangunanya masih asri walau ada sedikit renovasi.

Namun sayang sekarang kondisinya rusak. Banyak bagian jembatan yang berlubang. Sehingga kita harus hati-hati apabila melintasinya.

Pabrik Es Sari Petojo

Ingin wisata yang berbau pendidikan? Bisa saja. Di sekitar kawasan Bukit Sitanjung ini juga ada sebuah Pabrik Es. Namanya Pabrik Es Sari Petojo. Pabrik es ini sering menyuplai kebutuhan es masyarakat seputaran Kabupaten dan Kota Tegal. Terlebih di Tempat Pelelangan Ikan.

Pabrik Es ini juga berdiri sudah puluhan tahun. Biasanya setiap pagi banyak truk-truk yang keluar membawa puluhan balok es batu. Posisi Pabrik Es ini sekitar 100 meter di sebelah Selatan Rumah Makan Bukit Sitanjung.

Sarana Olahraga

Bagi yang hobi Futsal, tersedia lapangan futsal yang baru dibangun. Ada yang indoor adapula yang outdoor. Futsal di pagi hari dengan sejuknya cuaca di daerah sekitar lapangan ini patut dicoba.

Rumah Makan Bukit Sitanjung

pemancingan bukit sitanjungLelah berkeliling, saatnya untuk mengisi perut. Tidak usah khawatir, di dekat Bukit Sitanjung ada Rumah Makan dan Pemancingan Bukit Sitanjung. Menu yang ditawarkan sangat beragam. Mulai dari aneka olahan ikan air tawar hingga martabak telor khas Lebaksiu. Menu yang harus dicoba adalah Bawal Asam Manis. rasanya bisa membuat kita ketagihan.

Ikan yang akan dimasak bisa kita pesan langsung atau kita memancingnya sendiri. Di sini juga menyediakan persewaan alat pancing beserta umpannya. Apabila Anda lihai memancing, hanya dalam hitungan menit, umpan Anda akan langsung tersambar ikan.

Rumah Makan dan Pemancingan ini menjadi langganan orang-orang dari luar kota. Jadi jangan heran apabila banyak mobil-mobil dengan plat luar kota banyak berjejeran di sekitar tempat ini.

Tertarik untuk berkunjung? Lokasinya terletak di sekitar 8 KM dari Slawi Pos ke Selatan. Atau apabila bingung,pastikan Anda melihat patung GBN tepat di Tikungan Lebaksiu.

872 total views, 11 views today

  • Irma Rochayati

    Oooo ternyata namanya sitanjung, dulu waktu kecil saya sering manddi d kali “GUNG” dulu masi ‎​​‎​☺k² kalinya…. Tapi sekarang sudah banyak berubah… Saya pulang kampung ke labksiu kidul…kulinernya enak juga ko… Ada Kios sate… Ƴάπĝ rasanya Muuaanncap….. Boleh ko untuk rekreasi…. Sangat Indah…..

  • Wawan

    Betapa kangennya pada kampung halaman yang satu ini. Biar jauh di Inggris namun hati ini masih tetap terbersit satu rasa rindu kepada masa kanak-kanak yang indah di Lebaksiu. Sangat menonjol kemajuan yang ada di Lebaksiu.

  • ARIF RIZAL MUIZ

    kngen kalih sdlur2 teng lebaksiu,,, miis u lebaksiu

  • aji

    sejukya di bukit si tanjung…. :-)

  • http://alexander-zulkarnain.blogspot.com izoel

    keren jon, pengen mana, padahal wong tegal asli tapi drung tau mana :D