Dalang Ki Enthus Susmono

Ki Enthus SusmonoSiapa yang tak kenal dengan Dalang Ki Enthus Susmono? Dia dilahirkan dari keluarga dalang pada tanggal 21 Juni 1966 di Desa Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Ia adalah anak satu-satunya Soemarjadihardja, dalang wayang golèk terkenal di Tegal, dengan istri ketiga yang bernama Tarminah, bahkan R.M. Singadimedja, kakek moyangnya, adalah dalang terkenal dari Bagelen pada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.

KI Enthus Susmono dengan segala kiprahnya yang kreatif , inovatif serta intensitas eksplorasi yang tinggi telah membawa dirinya menjadi salah satu dalang kondang dan terbaik yang dimiliki negeri ini. Pikiran dan darah segarnya mampu menjawab tantangan dan tuntutan yang disodorkan oleh dunianya, yaitu jagad pewayangan.

Gaya sabetannya yang khas kombinasi sabet wayang golek dan wayang kulit membuat pertunjukannya berbeda dengan dalang-dalang lainnya. Ia juga memiliki kemampuan dan kepekaan dalam menyusun komposisi musik baik modern maupun tradisi (gamelan). Kekuatan mengintrepretasi dan mengadaptasi cerita serta kejelian membaca isu-isu up to date membuat gaya pakelirannya menjadi hidup dan interaktif. Didukung eksplorasi pengelolaan ruang artisitik kelir menjadikannya lakon-lakon yang ia bawakan bak pertunjukan opera wayang yang komunikatif, spektakuler, aktual dan menghibur.Ia adalah salah satu dalang yang mampu membawa pertunjukan wayang menjadi media komunikasi dan dakwah yang efektif. Pertunjukan wayangnya kerap dijadikan sebagai ujung tombak untuk menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat, seperti: kampanye anti narkoba, HIV/Aids, HAM, Global Warming, program KB, kampanye pemilu damai,sosialisasi Mahkamah Konstitusi RI dan lain-lain Disamping dia juga aktif mendalang di beberapa pondok pesantren melalui media Wayang Wali Sanga.

Kemahiran dan “kenakalannya” mendesign wayang-wayang baru/kontemporer seperti wayang Goerge Bush, Saddam Husein, Osama bin Laden, Gunungan Tsunami Aceh, Gunungan Harry Potter, Batman, wayang alien, wayang tokoh-tokoh politik dan lain-lain membuat pertunjukan wayangnya selalu segar, penuh daya kejut dan mampu menembus beragam segment masyarakat. Ribuan penonton selalu membanjiri saat ia mendalang. Keberaniannya melontarkan kritik terbuka dalam setiap pertunjukan wayangnya, memposisikan tontonan wayang bukan sekedar media hiburan melainkan adalah sebagai media alternatif untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

Pada tahun bulan Januari 2009, Karya Wayang Kulit Ki Enthus dipamerkan dalam event bergengsi di Museum Tropen Belanda dengan tajuk “ Wayang Superstar The Theatre World of Ki Enthus Susmono. Kemudian pada bulan Juni 2009 Ki Enthus menggelar serangkain tour pentas wayang “DEWA RUCI” di beberapa Negara seperti Belanda, Perancis dan Korea Selatan.

Penghargaan:

  1. Dalang terbaik se-Indonesia dalam Festival Wayang Indonesia (2005)
  2. Gelar Doktor Honoris Causa bidang seni budaya dari International Universitas Missouri, U.S.A Laguna College of Bussines and Arts, Calamba, Philippines(2005).
  3. 2007 memecahkan Rekor Muri sebagai dalang terkreatif dengan kreasi jenis wayang terbanyak (1491 wayang).
  4. Pemuda Award Tahun bidang Seni dan Budaya, dari DPD HIPMI Jawa Tengah (2005).
  5. Seniman Berprestasi

Karya dalam Museum

  1. Tropen Museum di Amsterdam, Belanda
  2. Museum of Internasional Folk Arts (MOIFA) di New Meksiko
  3. Museum Wayang Walter Angts di Jerman

Pameran Wayang

  • Pameran Wayang bertajuk Wayang adalah Rohku dalam rangka Dies Natalis STSI Surakarta(2003).
  • Pameran Wayang Grand Launching Wayang Rai Wong di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta (2006)
  • Pameran Wayang Rai Wong, di Galeri Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya (2006).
  • Pameran Wayang Rai Wong dalam Pekan Wayang Kebangsaan, di Galeri Cipta II TIM – Jakarta (2007).
  • Pameran bersama Wayang Indonesia, diselenggarakan oleh Museum Wayang Indonesia, di Jakarta (2007).
  • Pameran Wayang Superstar:The Theatre World of Ki Enthus Susmono , 29 Januari sampai 30 Juni 2009, di Tropen Museum-Amsterdam, Belanda.

Alamat Sanggar:

Paguyuban Seni Satria Laras
Ragam Pergelaran Ki Enthus Susmomo

Jl.Projosumarto II – Bengle
Talang – Slawi – Tegal
Jawa Tengah – Indonesia
Phone: +62 283 3447400

Website: http://dalangenthus.com/

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Enthus_Susmono

Related posts

12 Thoughts to “Dalang Ki Enthus Susmono”

  1. rendi jaya riswanto

    ki entus tolong kirim nomer nya di fb saya

    1. InfoTegal

      Silahkan hubungi saja nomer telepon yang sudah kami cantumkan 🙂

  2. […] Dalang Ki Entus Susmono KiEntus Susmono menciptakan 8 jenis wayang […]

  3. assalammualaikum wr,wb

    sya mau tanya ki enthus berapa tarif panggilan ngaji ki enthus untuk acra sunatan masal
    alamat:DESA PEGIRINGAN,KEC,BANTAR BOLANG,KAB,PEMALANG
    mhon balasannya ke facebook sya…….

    terima kasih
    wassalamualaikum wr,wb

    1. InfoTegal

      monggo buka webnya langsung.ada nomer yg bs d hubungi kok 🙂

  4. garenk - klaten

    mugi pinanggih wilujeng mas entus….!!! estune klo bade nyuwun saran dan kritik. anggen kula nglajengaken budaya ingkang sampun punah inggih wayang babad. ingkang klo pendet babad kewalian. nanging ringgit kasebat kagarap kanthi modern nanging mboten ninggalaken pathokan. miterat bu yati pesek menawi penging digarap langkung prayogi menawi tolok ukuripun mas entus.. mekaten. dos pundi nyuwun saranipun,,, nuwun

    1. InfoTegal

      Terima kasih. Coba hubungi nomer yang sudah kami berikan pada postingan di atas 🙂

  5. […] umum yang hadir akan dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit dengan lakon “ DEWA RUCI “ – dalang Ki Enthus Susmono , semalam […]

  6. […] umum yang hadir akan dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit dengan lakon “ DEWA RUCI “ – dalang Ki Enthus Susmono , semalam suntuk. Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like […]

  7. […] umum yang hadir akan dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit dengan lakon “ DEWA RUCI “ – dalang Ki Enthus Susmono , semalam […]

  8. Shofa Khoeron

    Min, bisa minta tolong infonya? Ki enthus pertama launching wayang santri itu tanggal berapa dan bulan apa ya?

Leave a Comment