Pemuda Tegal Ini Jago Bikin Miniatur Kereta Api

Dari kisah inspirasi yang kami angkat, kebanyakan bisnis didasari dengan hobi yang kemudian ditekuni. Salah satunya adalah Sahid Nur pemuda asal Desa Kademangaran, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Berawal dari kesukaannya dengan kereta api, atau biasa disebut dengan Rail Fans. Menurut Wikipedia, Rail Fans adalah seseorang yang tertarik dalam perkeretaapian.

Papercraft Miniatur Kereta Api yang dibuat oleh pemuda Tegal
Papercraft buatan Sahid Nur asal Tegal ini banyak diminati masyarakat lho.

Dari kesukaannya tersebut tentu saja memiliki keinginan untuk memiliki semua yang berbau dengan kereta api. Saat itu ingin membeli miniatur kereta api, tetapi harganya lumayan mahal, kisaran 300k hingga jutaan. Dari sana, baru terpikirkan untuk membuat miniatur sendiri dengan kertas mulai atau papercraft tahun 2016 dan mulai tahun 2018 sudah mulai banyak pemesan.

Proses pembuatannya diawali dengan mencari ukuran asli dari kereta api tersebut kemudian menentukan ukuran skalanya (1:60) yang kemudian akan diproses desain menggunakan software desain vektor. Dicetak, kemudian dipotong, dilem sesuai dengan tempatnya. Tada… Jadilah miniaturnya. Ini seru banget bagi yang suka dengan seni origami atau yang suka dengan DIY atau do it yourself.

Ada cukup banyak miniatur yang sudah dibuat ada lokomotif, gerbong, gerbong eksekutif, KRD, MRT, LRT, dll sekitar 10 jenis lebih. Harganya juga cukup terjangkau, mulai 90k. Dan penjualannya pun mengandalkan media sosial instagram spoor_shop dan marketplace jingga. Biar tambah eksklusif, diberi boks transparan lengkap dengan relnya dengan branding Balai Yasa KDM.

Miniatur atau papercraft seperti ini cukup banyak digandrungi oleh orang lho, apalagi kalau sudah hobi atau ngefans. Pasti banyak yang mencarinya dan menjadikannya sebagai souveir maupun pajangan menarik di rumah.

Nah itulah beberapa kisah inspirasi dari hobi yang ditekuni menjadi bisnis. Tidak ada beban, ide dan kreatifitas terus jalan, plus ada keupasan hati jika berhasil mendapatkan apa yang sudah diidam-idamkan sejak lama.

Related posts

Leave a Comment