Di Tegal, Klepon Ini Banyak Pelanggannya

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang berbentuk bulat hijau kemudian diisi dengan gula merah? Pasti sudah banyak yang tau dong, ya, klepon. Kuliner tradisional ini berbahan dasar tepung ketan dengan diberi warna hijau daun, diisi dengan guka merah dan diberi parutan kelapa pada bagian luarnya. Tapi kenapa kuliner yang satu ini begitu heboh di Tegal?

Jawabannya adalah karena ada penjual klepon di Tegal yang berjualan sejak tahun 1945. Berarti sekitar jaman kemerdekaan Republik Indonesia. Adalah Tante Lili yang sudah lebih dari 44 tahun berjualan klepon. Beliau menjadi penerus dari ibunya yang memulainya di tahun 1945. Lokasi jualannya ada di depan Bioskop Gajah Mada Cinema (GMC) Jl. Gajah Mada Kota Tegal.

Klepon Tegal yang legendaris
Klepon di Tegal ini, baru buka sudah banyak yang antri

Rasa kleponnya memang khas, gurih dan manis. Dan pastinya fresh, karena langsung dibuat saat ada yang memesan. Jadi bisa dibayangkan dong sedap gurihnya klepon yang masih hangat saat masuk ke kmulut kita. Harganya pun sesuai dengan rasanya, Rp. 1.000 perbijinya. Tapi jangan tanya lagi pelanggannya, buka dari jam 15:00 sudah banyak yang antre dan habis sebelum maghrib. Pelanggannya pun bermacam-macam, bahkan ada yang dari luar kota hingga luar pulau yang sengaja beli kleponnya itu.

Oh iya, pelanggannya sering menyebutnya sebagai “klepon Bus Ezri” karena lokasinya berdekatan dengan pool bus Ezri Tegal.

Nah, wajib banget dicobain saat mampir di dekat tempat ini. Apalagi yang lagi suka cari jajanan untuk berbuka puasa. Oh iya, referensi kuliner lainnya ada di sini.

Related posts

Leave a Comment