7 Makanan Khas Tegal, Rasanya Bikin Ketagihan

Soto Madi Kuliner Tegal

Tegal merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah. Di Tegal, terdapat beberapa makanan khas yang rasanya enak dan menarik untuk dicicipi. Saat Anda berkunjung ke Kota maupun Kabupaten Tegal, berikut ini beberapa jenis makanan khas Tegal yang wajib untuk dicoba. 

Makanan Khas Tegal yang Rasanya Enak

1. Sate Blengong

Sate Blengong merupakan makanan khas Tegal yang terbuat dari daging blengong yakni perpaduan antara entok dan bebek. Satenya disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Tekstur daging yang empuk dipadukan dengan bumbu gurih membuat banyak orang menyukainya. 

2. Sat Tauco

Soto Tauco juga termasuk hidangan khas Jawa Tengah yang terdiri dari daging ayam atau sapi ditambah dengan kuah kaldu yang gurih dan kental. Ciri dari soto khas Tegal ini yaitu penambahan tauco yang membuat rasanya semakin nikmat. 

Soto Tauco biasanya disajikan dengan tambahan perasan jeruk nipis, sambal, dan kerupuk sebagai pelengkap. Saat datang ke Tegal, tidak sulit untuk menemukan warung soto. Bahkan, banyak penjual soto tauco di sekitar jalan raya. 

3. Nasi Lengko

Makanan khas Tegal lainnya yaitu nasi lengko. Makanan ini terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan campuran tauge, tahu, tempe, sayur kol, kerupuk, dan disiram dengan bumbu kacang. 

Makanan ini menjadi salah satu menu sarapan khas Tegal. Untuk mendapatkan nasi lengko juga tidak sulit, karena banyak masyarakat Tegal yang menjualnya dengan harga sangat terjangkau.

4. Olos

Olos adalah salah satu makanan ringan khas daerah Tegal. Makanan ini terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung kanji, yang dibentuk bulat. Pada bagian dalamnya, terdapat sayuran dan cabai yang menjadi ciri khas makanan ini. 

Makanan ini memiliki tekstur garing pada bagian luas dan lembut di bagian dalam. Olos sangat cocok menjadi camilan di segala suasana. 

5. Tahu Aci

Selain olos, ada juga tahu aci yang menjadi makanan ringan khas dari Tegal. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari tahu kuning yang dipotong berbentuk segitiga, kemudian ditambah aci pada bagian atasnya. Setelah itu, tahu digoreng hingga teksturnya renyah. 

Tahu aci biasanya dinikmati dengan cabai rawit, sehingga membuat rasanya semakin nikmati. Saat datang ke Tegal, Anda bisa dengan mudah menemukan penjual tahu aci di pinggir jalan. 

6. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol merupakan makanan khas Tegal yang terdiri dari nasi putih dan beragam lauk pauk. Kemudian, nasi ini dibungkus menggunakan daun pisang, sehingga membuat aromanya semakin sedap. Nasi ponggol bisa dinikmati di pagi, siang, atau malam hari. 

7. Blendung 

Blendung adalah makanan khas Tegal dari jagung pipil yang kukus atau rebus. Makanan ini biasanya disajikan dengan campuran kelapa parut yang sudah dicampur dengan garam. Blendung memiliki tekstur yang lembut dan rasanya gurih dari parutan kelapa.  Hidangan ini cocok menjadi camilan. Anda bisa menemukan blendung di pasar tradisional di Tegal. 

Itulah sejumlah makanan khas Tegal yang rasanya enak dan autentik. Jangan lupa untuk mencicipi makanan tersebut saat berkunjung ke Tegal.

Related posts

Leave a Comment