Cara Mengatasi Kulit Berminyak Agar Tetap Percaya Diri

Perawatan Kulit

Minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit memiliki peran sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit. Namun, produksi minyak berlebih di kulit juga tidak, sehingga banyak yang mencari cara mengatasi kulit berminyak. Memang ada banyak penyebab yang membuat kulit Anda jadi sangat berminyak, misalnya hormon, penggunaan skin care yang salah dan lainnya. 

Muka berminyak bukanlah suatu hal yang buruk, namun jika sangat berlebihan perlu diatasi segera. Jika tidak, kulit menjadi lebih kusam, sulit menggunakan make up dan membuat Anda tidak percaya diri. Bukan hanya itu, saat muka sangat berminyak, pori-pori kulit sedikit terbuka, dan jika ada debu masuk maka bisa menimbulkan jerawat. Hal tersebutlah yang sangat ditakuti wanita. 

7 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Agar Tetap Percaya Diri

Setiap orang, khususnya wanita, pasti ingin memiliki kulit wajah yang cantik, bersih, cerah dan merona. Namun hal tersebut tidak bisa didapatkan jika tidak ada usaha dan perawatan yang maksimal. Anda tak perlu khawatir dengan kulit wajah berminyak, karena hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini merupakan cara mengatasi kulit wajah berminyak yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Cuci Muka Minimal Dua Kali Sehari

Apapun tipe kulit Anda, membersihkan muka adalah kewajiban setiap harinya. Untuk mengatasi kulit wajah berminyak Anda harus rajin cuci muka minimal dua kali sehari secara rutin. Dengan mencuci muka, tidak akan ada lagi minyak akan menumpuk yang bisa membuat bakteri berkembang biak. Pori-pori jadi tidak tersumbat dan jerawat juga tidak gampang muncul. 

2. Gunakan Skin Care Khusus kulit Berminyak

Cara mengatasi kulit berminyak selanjutnya dengan gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pasalnya tidak semua produk bisa digunakan semua jenis kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan skincare dengan formulasi khusus untuk kulit berminyak. Pastikan juga membaca atau melihat review produk terlebih dahulu sebelum beli skin care.

Produk-produk dengan konsistensi tinggi, oil-based serum, sampai face oil yang pekat tidak bisa menjadi ‘sahabat’ kulit berminyak. Memakai produk-produk berbasis minyak akan membuat kulit Anda lebih berminyak dan kurang enak dilihat.

Selain itu, gunakan juga produk skin care atau make up yang bersifat non-comedogenic. Memakai produk yang comedogenic akan menyumbat pori-pori dan kulit akan menjadi tambah berminyak.

3. Pakai Ulang Moisturizer atau Face Mist

Yang tidak kalah penting saat ingin mengatasi kulit wajah yang berminyak yaitu dengan ulang moisturizer atau face mist di muka. Khususnya saat beraktivitas di ruangan ber-AC. Berada di ruangan ber-AC akan membuat wajah lebih kering dari biasanya.

Dengan wajah yang terlalu kering, maka kulit akan lebih ekstra memproduksi minyak untuk mengembalikan kelembaban kulit. Maka dari itu, selalu sediakan moisturizer atau face mist dan gunakan kembali beberapa jam sekali.

4. Pakai Kertas Minyak

Dengan memakai kertas minyak, Anda bisa menghilangkan minyak secara sementara. Kertas minyak dapat membantu menyerap minyak di wajah tanpa menjadikannya terasa kering. Cara menggunakannya juga simpel. Hanya dengan menyeka atau mengelap wajah dengan lembut dengan menggunakan kertas minyak tersebut. Jangan digosok terlalu kencang, cukup ditap-tap saja. Wajah bisa luka dan minyak akan menyebar ke area wajah yang lain.

5. Konsumsi Makanan yang Sehat

Jenis kulit wajah sangat dipengaruhi oleh makanan apa yang Anda konsumsi. Jangan lupakan peranan penting makanan dengan kondisi tubuh Anda. Bukan hanya produk yang Anda pakai di wajah, tetapi yang masuk ke dalam tubuh juga berpengaruh besar.

Makanan sehat dan bergizi seimbang seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan akan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Selain kulit menjadi lebih sehat, produksi minyak pada kulit wajah juga tidak berlebihan. Hindari makanan dengan kandungan lemak tak sehat, gorengan, makanan bersodium tinggi, dan yang berindeks glikemik tinggi. Makanan-makanan tersebut akan membuat kulit lebih berminyak lagi.

6. Rutin Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

wajah harus rutin dieksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan menyumbat pori-pori dan supaya terhindar dari masalah jerawat. Khususnya kulit tipe berminyak, eksfoliasi dua kali seminggu sangatlah penting. 

Dengan eksfoliasi, ukuran pori-pori kulit wajah juga bisa mengecil dan membuat minyak tidak diproduksi berlebihan. Cukup lakukan 2-3 kali seminggu dan jangan berlebihan, karena kalau berlebihan akan membuat kulit jadi rentan iritasi.

7. Jangan Terbiasa Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah secara berlebihan akan membuat wajah tampak lebih berminyak dan mudah berjerawat. Kita tidak tahu bakteri apa yang ada di tangan kita atau apakah tangan kita sudah sepenuhnya bersih atau tidak. Bakteri bisa berpindah dan menimbulkan jerawat di wajahmu.

Itulah cara mengatasi kulit berminyak yang bisa anda lakukan agar tetap tampil percaya diri serta kulit tetap sehat dan berkilau. Perlu diingat, pastikan anda tidak memiliki skin care sembarangan, perhatikan kandungannya dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Pasalnya Ada banyak jenis skin care dari berbagai merek yang tersedia di pasaran 

Anda bisa beli skin care dengan mudah dan praktis secara online di Blibli. Blibli merupakan salah satu toko online berkualitas dan terpercaya yang menjual beragam produk skin care mulai dari toner, pelembab, serum dan lainnya. 

Ada juga beragam produk lainnya yang bisa anda beli di Blibli mulai dari make up, fashion, kebutuhan rumah tangga dan lainnya. Dapatkan produk berkualitas dan ori dengan harga terjangkau dan kemudahan lainnya hanya di Blibli!

Ilustrasi foto: https://www.pexels.com/id-id/@ekaterina-bolovtsova Cek juga infotegal.com untuk informasi terbaru lainnya.

Related posts

Leave a Comment