Di Taman Pancasila Tegal Ada Lokomotif Antiknya

Lokomotif Antik D 301 Taman Pancasila Tegal

Sudah tau belum kalau di Tegal ada taman cantik yang kini jadi “magnet” bagi siapa saja yang melewatinya? Ya, namanya Taman Pancasila. Taman yang dulu diberi nama Wilhelmina Park ini memang sudah ada di zaman dahulu. Yaitu taman luas yang lokasinya ada di depan/ sebelah Barat Stasiun Tegal atau sebelah Timur Alun-alun Tegal. Lokasi yang sangat strategis pastinya.

Bagian yang khas dari taman ini adalah tugu putih yang menjadi ikon dari si Taman Pancasila ini. Dan tak hanya itu, dulu juga taman ini menjadi salah satu tempat transaksi jual beli atau sebagai pasar malam yang sangat ramai pada masanya. Pasti pada ingat dong memori masa dulunya.

Lama-kelamaan kondisinya memprihatinkan, namun, kemudian taman tersebut mulai direvitalisasi dan “disulap” cantik menjadi seperti sekarang. Namun seperti apa sih perubahannya?

Taman Pancasila Tegal

Taman Pancasila Tegal
Taman Pancasila Tegal dari sisi Barat

Menempati lokasi yang sama denagn taman sebelumnya, namun benar-benar dibuat modern. Salah satunya adalah menambahkan Patung Garuda besar yang menghadap ke arah Barat. Di bawahnya, terdapat tugu pal dengan bentuk yang masih original. Hayo siapa yang dulu pernah foto dan main di sekitar tugu ini?

Taman ini dibagi menjadi tiga bagian jika kita melihatnya dari tangkapan udara, ada dua buah lingkaran dan satu bentuk persegi panjang. Tugu dan Patung Garuda menempati lingkaran yang ada di sebelah Barat.

Lokomotif Antik

Tamannya sudah jadi, tinggal salah satu yang masih belum dibahas, yaitu lokomotifnya. Nah, lokomotif yang dipasang adalah lokomotif tipe D 301, bukanlah lokokmotif sembarangan. Jika merujuk dari laman heritage.kai.id , Lokomotif D 301 ini merupakan sebuah lokomotif diesel tipe hidrolik yang dibeli dari pabrik Krupp (Jerman) dan mulai diberoperasi pada tahun 1962. Lokomotif ini memiliki warna yang sangat khas, yaitu dominan kuning dan hijau. Dari laman Wikipedia, panjang lokomotif ini sekitar 7 meter dengan lebaar sekitar 2,7 meter dan berat sekitar 26,6 ton. Lokomotif ini dipasang pada tanggal 26 September 2021 pas malam hari.

Ternyata tak hanya di Tegal saja lokomotif D 301 ini dipajang di tempat umum, namun juga di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Semarang Tawang. Keren kan?!

Tak hanya objek-objek tersebut yang membuat taman ini menarik, namun juga di taman ini ditanami juga aneka pepohonan dan juga bangku-bangku panjang untuk bersantai. Jadi tidak bisa disangkal lagi jika menjadi spot favorit saat berkunjung atau berwisata di Tegal. Tinggal kita bagaimana untuk bisa menjadikan taman tersebut agar lebih awet dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi mencorat-coretnya. Kan sayang banget.

Jadi biar ngga ketinggalan informasi terbaru yang ada di Tegal, jangan lupa untuk cek terus website dan media sosial infotegal.

Related posts

One Thought to “Di Taman Pancasila Tegal Ada Lokomotif Antiknya”

  1. […] Di Taman Pancasila Tegal Ada Lokomotif Antiknya […]

Leave a Comment